Posyandu Plus adalah Posyandu Balita yang sudah ada di setiap desa/pekon hanya fungsinya dikembangkan dengan menambah kegiatan “Pengobatan Gratis” bagi seluruh masyarakat.
Posyandu plus merupakan kegiatan penting, terlebih terkait pembangunan manusia. Karena menyangkut manusia berarti terkait pula dengan masalah potensi sumber daya manusia (SDM). Maka, dengan memiliki generasi-generasi bangsa sehat sangat berarti besar bagi kesinambungan program pembangunan nasional. Itu sebabnya, betapa pentingnya posyandu. 
Program yang dilaksanakan di Posyandu Plus meliputi :
1.      Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
2.      Keluarga Berencana (KB)
3.      Perbaikan Gizi
4.      Pencegahan Penyakit & Penyehatan Lingkungan

Promosi Kesehatan (KIE) dan Pemberdayaan Masyarakat Posyandu Plus dibangun dengan tujuan untuk menyatukan layanan kesehatan bagi ibu hamil dengan layanan kesehatan lainnya seperti imunisasi, gizi dan penyuluhan tentang kebiasaan hidup sehat.  Dukungan pentingnya posyandu ini dibuktikan pada waktu kegiatan Evaluasi dan Monitoring Posyandu plusTahun 2013 lalu yang dihadiri Ibu Bupati Lamongan yaitu Ibu Mahdumah Fadheli . Beliau memberikan banyak pesan mengenai masalah kesehatan. Perhatian besar Ibu Bupati pun langsung mendapat merespon berbagai daerah, termasuk Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Di antaranya dengan melakukan gerakan atau kegiatan penguatan posyandu atau revitalisasi posyandu. TP PKK langgsung memperkuat keberadaan posyandu-posyandu tersebut. Bahkan menindaklanjutinya dengan meningkatkan kelas posyandu menjadi posyandu plus, posyandu mandiri dengan kegiatannya meliputi kesehatan ibu dan balita, pendidikan, lansia, maupun ekonomi keluarga.

“Di Desa Mekanderejo penggiatan posyandu plus dengan penuh gelora. Di posyandu plus di Desa kami, semua ada pada satu wadah. Artinya, dalam posyandu plus tersebut ada kegiatan lansia, BKB (Bina Keluarga Balita), PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Dasawisma, dan sebagainya,” kata Ketua TP PKK Desa Mekanderejo. 
Monitoring  dan evaluasi posyandu plus

 

Posting Komentar

 
Top