Budaya adalah bagian dari sebuah masyararakat. Masyarakat yang tinggal di daerah tertentu pasti mempunyai budaya atau tradisi yang di yakini dan dipegang. Budaya dan tradisi itu biasanya dipercaya turun temurun oleh suatu masyarakat yang tinggal di dalamnya. Tradisi diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya dengan harapan anak-anaknya mewarisi atau melakukan tradisi yang sama. Sama halnya dengan upacara bersih desa. . Upacara ini juga tidak jelas apa latar belakang dan darimana datangnya namun sampai saat ini masih di lakukan oleh warga di beberapa daerah.

Tradisi Bersih Desa ini dilaksanakan satu kali dalam setahun, yaitu pada waktu penduduk tani selesai melaksanakan panen padi raya secara serentak. Bersih Desa oleh para penduduk tani dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dewi Sri (Dewi Padi). Sehingga mereka berhasil panen padi yang telah ditanamnya, disamping itu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mengabulkan panan hasil tanaman padi tersebut.

Desa Mekanderejo adalah salah satu Desa yang ada Kecamatan Kedungpring  Kabupaten Lamongan. Terdapat 23 RT dan 6 RW  yang terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun jangur Dusun Kalangan dan Dusun Mekande, dan bersih Desa ini dilaksanakan di Dusun Jangur yang diadakan setiap Minggu Paheng Bulan Agustus bertempat di makam Mbah Canggah. Ada beberapa kegiatan dalam acara bersih desa, yakni pengajian, selametan warga desa  dan pada puncaknya akan ditutup dengan hiburan khas orang jawa yaitu Wayang Tengul (Wayang Golek).

           
Pagelaran Wayang Golek dalam acara Bersih Desa

Posting Komentar

 
Top